Bagaimana Guru Mendidik pada Kurikulum 2013?

Seorang guru adalah pendidik yang profesional maksudnya adalah menjadi seorang guru harus memiliki pengetahuan yang luas, sikap yang baik, bisa dijadikan teladan oleh anak didiknya dan menjadi orang tua yang baik bagi siswa. Seorang guru memiliki 2 tugas yaitu mendidik dan mengajar. Mendidik adalah membimbing anak atau memimpin mereka agar memiliki tabiat dan kepribadian yang utama, sedangkan Mengajar adalah memberikan pengetahuan kepada anak agar mereka dapat mengetahui peristiwa-peristiwa, hukum-hukum ataupun proses dari suatu ilmu pengetahuan.  

Bagaimana perkembangan kurikulum mata pelajaran PAI di Indonesia? Kurikulum PAI Pra kemerdekaan,  Kurikulum pendidikan agama islam masa orde lama (kurikulum 1947, kurikulum 1952-1964), dan Kurikulum PAI masa reformasi (kurikulum KBK, KTSP 2006 dan kurikulum 2013). Tujuan kurikulum KTSP adalah Kurikulum yang berorientasi pada disiplin ilmu. Hal ini terlihat pada struktur KTSP yang memuat sejumlah mata pelajaran yang harus dikuasai oleh peserta didik dan keberhasilan diukur dari hasil ujian sekolah dan ujian nasional. 

Sedangkan Tujuan kurikulum 2013 adalah Pembelajaran berbasis proses keilmuan yaitu merupakan pengorganisasian pengalaman belajar dengan urutan yang logis melalui proses pembelajaran: mengamati, menanya, mengumpulkan data, menalar, dan mengomunikasikan.

Kurikulum pendidikan di Indonesia yang mengedepankan karakter yang bertujuan agar orang tua lebih mudah melihat karakter anak berbakat dalam bidang apa dan dapat pula ditinjau dalam segi agama. Kurikulum KTSP didikan orang tua yang paling penting dalam proses pembelajaran yang terutama didikan agama karena hanya anak yang memiliki pendidikan agama anak menjadi mudah menyerap pelajaran agama di sekolah karena telah diajarkan di rumah. 

Adapun dalam hal kesenian anak ditekankan untuk mengenal kesenian dan tarian daerah Indonesia karena agar anak mengetahui apa saja yang terdapat di Indonesia, tetapi dalam hal kurikulum guru adalah faktor yang paling utama harus memahami apa itu kurikulum yang digunakan termasuk kurikulum 2013. Banyak yang perlu dipelajari sebagai seorang guru dalam kurikulum agar dapat mudah menyampaikan materi kepada peserta didik ada beberapa faktor yang menghambat pemahaman kurikulum baru yaitu kurikulum 2013 yaitu kurangnya dalam bidang konteks dan input dan kesiapan guru terhadap kurikulum baru.

Adapun kelemahan atau problematika kurikulum 2013 itu salah satu nya dari masalah isi/konten dan kemasan kurikulum serta penyesuaian guru terhadap kurikulum tersebut. Seperti dalam sistem penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pemahaman guru dalam pengaplikasian kurikulum 2013 karena kurangnya pelatihan dari pihak sekolah adapun pelatihan hanya satu dua orang yang mengikuti pada kurikulum 2013 sendiri wajib dipahami oleh seluruh guru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *