Dosen PGSD FKIP UNIDA Bogor Adakan Workshop Daring PTK Bagi Guru SD/MI

Program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dosen PGSD FKIP Universitas Djuanda Bogor dilaksanakan melalui workshop daring PTK yang diberikan kepada 80 guru Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah yang telah mendaftar secara online. Kegiatan ini menjadi program pengabdian awal khusus kegiatan workshop yang dilakukan secara daring. Menurut ketua pelaksana, Teguh Prasetyo, M.Pd. “ide ini muncul karena masih banyak guru-guru di tingkat sekolah dasar masih membutuhkan bimbingan dalam menyusun penelitian tindakan kelas”. Selain itu, kegiatan ini juga dapat dijadikan pengembangan profesional sebagai seorang pendidik. Tema kegiatan workshop ini adalah penyusunan penelitian tindakan kelas bagi guru SD pada pembelajaran jarak jauh.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Dekan FKIP Universitas Djuanda Bogor, Ibu Zahra Khusnul Lathifah, M.Pd.I dalam sambutannya menyambut baik program workshop daring PTK karena penelitian ini masih bisa dilakukan di tengah-tengah masa pandemik. Harapannya program workshop ini menjadi masukan wawasan dan pengetahuan bagi guru-guru yang menjadi peserta workshop.

Pemateri workshop daring PTK ini dilakukan secara kolaboratif dengan melibatkan para dosen yang ada di PGSD FKIP Universitas Djuanda Bogot, Ibu Dr. (C) Wiworo Retnadi, RH., Teguh Prasetyo, MPd., Ibu Ujiati Cahyaningsih, M.Pd. dari Universitas Majalengka, dan Ibu Ricka Tesi Muskania, M.Pd. dari FTIK Pontianak. Pelaksanaan workshop daring PTK ini berlangsung selama tiga sesi yakni: sesi pertama 21 Agustus 2021, sesi kedua 28 Agustus 2021 dan sesi ketiga 25 September 2021 .

Berikut ini link-link video materi pada setiap sesi pertemuan workshop.

Materi Sesi 1: Teori Penyusunan Proposal PTK
Sesi 2: Metode Penelitian PTK

#PenelitianTindakanKelas2021

#WorkshopPTKDaring2021

#MenyusunPTKGuruSD

#PGSDFKIPUNIDA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *