Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19

Assalamu’alaikum wr. Wb.

Selamat sore Para Peserta Webinar

Terimakasih kepada panitia kegiatan webinar daring pada kesempatan hari ini yang telah memberikan kesempatan kepada saya sebagai keynote speaker pada webinar dengan topik strategi pembelajaran efektif di masa pandemic. Alhamdulillah inisiasi mahasiswa kelompok 41 KKN AKB FKIP Universitas Djuanda Bogor dapat menyenggarakan webinar pada sore hari ini

Selanjutnya yang saya hormati nara sumber utama Ibu Dr. Rasmitadila, M.Pd. beliau merupakan Dosen PGSD FKIP Universitas Djuanda Bogor dengan ahli dibidang pendidikan inklusif dan pengembangan strategi pembelajaran Sistem Pembelajaran Alamiah Otak (siPao). Serta saya sampaikan ucapan terimakasih kepada peserta webinar sore hari ini yang telah bersedia mengikuti dari awal sampai akhir kegiatan ini.

Hadirin Semuanya Peserta Webinar

Izinkan saya menyampaikan keynote speaker pada sore ini dengan tema “Kebijakan Model Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemik”

Seperti kita ketahui sampai saat ini negara kita bersama Indonesia masih mengalami masa pandemik sampai empat menteri telah menerbitkan panduan pembelajaran di masa pandemic terkait zona merah, hijau, kuning, dan orange untuk melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan protokol kesehatan. Lebih lanjut disampaikan oleh Mendikbud bahwa prioritas utama pemerintah adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan peserta didik, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, keluarga dan masyarakat umum.

Kriteria bagi zona merah dan oranye dilarang melakukan pembelajaran secara tatap muka dan melanjutkan program Belajar Dari Rumah (BDR) dengan jumlah sekitar 57% sedangkan siswa 43% yang berada di zona kuning dan hijau dapat membuka pembelajaran tatap muka secara transisi namu orang tua tetap dapat meminta melanjutkan di rumah kembali. Beberapa kendala yang timbul dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) diantara kesulitan guru dalam mengelola pembelajaran dan penuntasan kurikulum. Tidak semua orang tua mampu mendampingi belajar anak-anak belajar di rumah karena harus bekerja dan banyak siswa yang kesulitan konsentrasi belajar, rasa jenuh terhadap sistem pembelajaran PJJ. [1]

Sesuai dengan Panduan pembelajaran tatap muka pada zona hijau, daerah-daerah dengan zona hijau diizinkan oleh Mendikbud untuk mengadakan pertemuan tatap muka secara ketat dan tetap menjaga protocol kesehatan. Ada tiga tahapan yang telah direncanakan yakni:
Tahap pertama, tatap muka bagi pendidikan tingkat atas atau sederajat, tahap kedua tingkat menengah atau sederajat dan ketiga tingkat dasar atau sederajat.

Adapun sekolah dan madrasah yang memiliki asrama pada zona hijau dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka secara transisi dan dapat melaksanakan BDR. Sistem pembelajaran pada tingkat perguruan baik pendidikan tinggi dan pendidikan tinggi keagamaan dimulai sejak September 2020. Semua metode pembelajaran dilaksanakan secara daring untuk mata kuliah teori dan praktik, pada zona hijau untuk mata kuliah praktik sedapat mungkin tetap daring.[2]

Pada tingkat kurikulum, Mendikbud telah mengeluarkan pedoman pelaksanaan kurikulum pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus sesuai dengan SK. Mendikbud Nomor 719/P/2020. Kurikulum pada kondisi khusus ini memberikan fleksibilitas bagi sekolah untuk memilih sesuai dengan kebutuhan pembelajaran siswa. Ada tiga pilihan yang ditawarkan oleh Pak Menteri pertama tetap mengacu kurikulum nasional, kedua menggunakan kurikulum darurat, dan ketiga menyederhanakan kurikulum secara mandiri. Pemerintah juga akan menyediakan modul-modul pembelajaran bagi anak PAUD dan SD untuk membantu guru dan orang tua belajar di rumah. [3]

Tantangan Pembelajaran yang telah direspon dengan hasil penelitian, beberapa hasil penelitian yang telah mencoba menjawab pembelajaran pada masa pandemik:

  • Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020), penelitian ini menemukan bahwa kurangnya sarana dan prasarana yang memadai, tidak maksimalnya penyampaian materi, beban kuota internet, koneksi internet lambat, gaya pembelajaran visual, dan kurang leluasanya guru dalam mengontrol pembelajaran sangat mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran di masa pandemik. [4]
  • Ahsani, (2020), meneliti strategi orang tua dalam mengajar dan mendidik dalam pembelajaran at the home pada masa pandemic yang dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua sangat penting. Orang tua harus mendampingi anak selama belajar di rumah, memahami gaya belajar anak, dan menyiapkan lingkungan belajar yang nyaman serta meminimalisir penyebaran Covid 19. [5]
  • Yulianto, Cahyani, & Silvianita, (2020), membandingkan sistem pembelajaran daring dengan aplikasi whatsapp group dan webinar Zoom. Hasilnya 98% dengan sudut pandang mahasiswa, lebih memilih menggunakan whatsapp group daripada penggunaan webinar Zoom. [6]
  • Yensy, (2020), juga melaksanakan penelitian pembelajaran jarak jauh menggunakan whatsapp group pada perkuliahan matematika. Hasilnya penggunaan media whatsapp group dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dibandingkan sebelum menggunakan whatsapp group. Beberapa kelemahan yang diungkapkan jaringan internet mahasiswa, memori hp penuh, dan bolak-balik membuka chat dari awal pembelajaran. [7]

Hasil-hasil penelitian di atas adalah sebagian dari begitu banyak penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Indonesia dan belum termasuk yang ada di dunia.

Para Hadirin Peserta Webinar pada sore hari ini

Perkembangan teknologi di era Pendidikan 4.0 saat ini tidak dapat diragukan lagi. Banyaknya media pembelajaran yang tersedia seperti Classroom, Edmodo, Google form, whatsapp group, web Blog pribadi, zoom meeting.us. dll. dapat menjadi pilihan bagi para guru, orang tua dan pembimbing belajar di rumah.

Saya sendiri menggunakan tiga aplikasi selama pembelajaran di masa pademik ini bersama mahasiswa yakni, Learning Management Systems atau LMS yang disediakan oleh universitas, whatsapp group, dan zoom meeting.us. walaupun masih ada beberapa kendala sama seperti yang diungkapkan oleh para guru dan peneliti di atas jaringan internet untuk akses, sarana fasilitas bagi dosen dan mahasiswa, media pembelajaran yang memadai, tidak maksimalnya penyampaian materi, kuota internet, dan kurang kesulitan memastikan mahasiswa belajar.

Namun sebagai seorang pendidik kita harus tetap berusaha dan bersemangat dalam mencerdaskan generasi selanjutnya. Apa yang kurang pada pembelajaran daring kita pada tahun atau semester sebelumnya menjadi cambuk bagi kita untuk memperbaiki proses pembelajaran daring yang efektif pada periode pembelajaran 2020-2021.

Baik, ini menjadi rangkain penyampaian saya pada webinar ini. Saya pribadi ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, khususnya panitia dan narasumber utama kita Ibu Dr. Rasmitadila, MPd. yang telah bersedia menjadi pembicara pada seminar ini, juga kepada moderator. Kita segera akan menyimak materi terkait pembelajaran yang efektif di masa pandemik ini.

Kepada para peserta webinar, selamat berseminar, semoga bermanfaat apa yang disampaikan narasumber kita.

Saya akhiri, Wassalamu’alaikum wr. Wb.

Materi Webinar Kelompok KKN AKB 41, link

Video Webinar Strategi Pembelajaran Asyik Di Masa Pandemik Covid 19

Referensi:

[1] (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/penyesuaian-keputusan-bersama-empat-menteri-tentang-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19).

[2] (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-pada-tahun-ajaran-dan-tahun-akademik-baru-di-masa-covid19)

[3] (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus)

[4] Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini5(1), 633-640.

[5] Ahsani, E. L. F. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini3(1), 37-46.

[6] Yulianto, E., Cahyani, P. D., & Silvianita, S. (2020). Perbandingan Kehadiran Sosial dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp groupdan Webinar Zoom Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pada Masa Pandemic COVID-19. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA)3(2), 331-341.

[7] Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia5(2), 65-74.

113 thoughts on “Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19

  1. Ryan Hidayat says:

    Saya Sangat Apresiasi Webinar yg diadakan ini alhamdulillah karna saya dapat ilmu dan wawasan Semoga Sukses Terus,Sertifikatnya Ditunggu

    • Nur Hafsyah says:

      Materi Webinar Sangat detail dan bermanfaat sekali untuk meningkatkan perkembangan produktif belajar pada era pandemik corona. Terimakasih Banyak atas webinarnya…

  2. Nur Aulia says:

    Terimakasih banyak kaa , atas ilmu yg telah kaka berikan , sungguh samgat bermanfaat bagi saya yg sebagai mahasiswa .

  3. Rita Hartati, S.Pd.AUD says:

    Materi yang disampaikan sangat bagus sekali. Pematerinya jg bagus bgt dan jelas dalam menyampaikan materi sehingga bisa diterima dengan baik.

  4. ANDRY MARSELINUS FUN says:

    Terima kasih. Webinar hari ini sangat membantu kami pada pendidik agar dapat menjalankan pelajaran dimasa pandemi. Dengan menularkan hal yg positif dan terus berinovasi adalah kunci keberhasilan pembelajaran daring. Terima kasih untuk pemateri. Sangat bermanfaat bagi kami.

  5. Emil Sunarya, S.Pd says:

    Pembelajaran during sangat baik untuk membantu siswa dalam belajar tetapi di daerah terpencil masih sangat sulit dalam pembelajran secara daring karena terkendala dengan sinyal…tidak punya hp android karena ekonomi keluarga tidak mampu…dsb..

  6. Mardiana, S.Pd.SD says:

    Assalamualaikum…
    Saya senang sekali bisa bergabung pada seminar ini, materinya bagus sekali dan sangat bermanfaat, terima kasih.

  7. Arifiana Sarti says:

    Webinar kali ini luar biasa, saya banyak mendapatkan pengetahuan dan pengalaman khusus nya dalam belajar.

  8. Muhammad Sab'in,S.Pd says:

    Pematerinya sangat menarik. Materi yang disampaikan padat dan lugas, mudah dimengerri. Sayang tak kesampaian mau bertanya langsung karena waktu habis

  9. Desniati says:

    Dengan adanya materi tadi bisa menambah wawasan untuk melaksanakan pjj dan tetap semangat dalam melaksanakan pembelajaran

  10. Angga Hafita W. S. says:

    Terima kasih atas ilmu yg diberikan bu Rasmita, jelas sekali penyampaiannya..
    Smg ke depan akan ada webinar seperti ini lagi..
    Sukses terus ya.. Dtggu info2 webinar selanjutnya..

    • Anidaa Elsa Iftinaan says:

      Materinya sangat menarik dan bisa dijadikan sebagai bahan masukan untuk perbaikan dalam sistem pembelajaran daring yang dirasa belum tepat karna masih terdapat benerapa masalah.

    • Keysha restiasari londong allo says:

      Sangat bermanfaat bagi mahasiswa terutama apalagi di pandemi ini banyak pelajar atau mahasiwa yang minat belajr nya kurang dengan adanya seminar ini kita dibantu dan diajak belajar bersama

  11. MAULIDIYA SABRINA says:

    Terimakasih atas material Yang disampaikan.
    Semoga bermaanfaat bagi kita semuaa di eraa pandemi new normal ini. Tetap smengat dalam belajar.

  12. Asmi Lutfiah, S.Psi says:

    Pemateri sangat jelas dari intonasi/tone, cara membawakan materi, semoga baik sedikit banyaknya ilmu yang diterima dapat diterapkan di sekolah

  13. Hendi Sapto Nugroho,S.Pd says:

    Dengan diadakanya webinar seperti ini sangat bagus sekali,terutama bagi guru seperti saya yang dimasa pandemi ini dalam kegiatan pembelajaranya menggunakan sistem daring.sering-sering saja mengadakan seminar seperti ini. salam santun

  14. Agustina herawati says:

    Materinya sangat bermanfaat dan penyampaiannya mudah dipahami. Semoga ada webinar selanjutnya 👍🏻

  15. NURHIKMAH, S.Pd.I says:

    Materi ini sangat bermanfaat bagi saya. Karena saya sebagai orang tua yg juga berprofesi guru. Sehingga hal tersebut dapat saya terapkan bagi murid-murid saya di sekolah dan anak saya di rumah

  16. Sulaimanul Ghoni says:

    Materinya sangat menarik, penyampaian materi juga sangat baik dan mudah dipahami, terimasih banyak materi yang diberikan.

  17. Normas Handaratman, S.Pd. says:

    Cara pemaparan/penjelasan sangat bagus dan mudah dipahami, serta sesuai dengan yang dialami saat pandemi ini

  18. Pradnya says:

    Materi webminar kali ini sangat membantu terutana tenaga pendidik bagaimana harus menyesuaikan metode pembelajaran kepada siswa sehingga kedepannya para siswa lebih mudah memahami pelajaran yang diberikan secara daring. Selain itu, memberikab gambaran kepada orang tua mengenai pembelajaran daring sehingga orang tua mampu membantu/bekerja sama di dalam proses pembelajaran daring.

  19. Arwini rahayu,s.pd says:

    Materinya sangat menarik, sesuai realita yg terjadi di lapangan dan memberikan bebarapa solusi yg harus di lakukan jika memdapatkan masalah di lapangan

  20. Lia Damaiyanti Charissa Rahma says:

    Terima kasih untuk ilmunya hari ini, karena sangat-sangat bermanfaat bagi saya. Banyak hal yang sebelumnya saya tidak ketahui setelah mengikuti ini semakin menambah pengetahuan saya. Dan lagi dimasa sekarang sangat membantu saya untuk membimbing adik saya yang mana juga belajarnya secara daring. Sekali lagi terima kasih semoga dapat mengikuti webinar berikutnya.

  21. MAULIDIYA SABRINA says:

    Terimakasih atas semua material Yang disamapikan semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Tetap semngat meskipun sistem pembelajaran jarak jauh / daring belum nisa tatap muka. Di era pandemi new normal ini merupakan ajang bagi kitaa untuk memperbaiki diri dalam belajar agar lebih baik kepedapannya

  22. Septi Yana Putri says:

    Materi nya keren update banget, sehingga bisa paham, dan dari materi ini sangat bermanfaat buat saya. Sampai jumpa di webinar selanjutnya 💖💖

  23. DEWI ANGGRAENI, S.Pd.SD says:

    Webinar kali ini sangat menarik karena materi dan nara sumber benar2 tepat. Semoga ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bagi kami pra pendidik di masa pembelajaran pandemi saat ini.

  24. Midahlena, S.Pd, M.Pd says:

    materinya sangat bagus & menarik. sesuai dengan kondisi yg dialami sekarang ini, yaitu pembelajaran di masa pandemi covid-19. Pematerinya & penyampaiannya juga luar biasa👍👍👍

  25. Agustina widia astuti,S.Pd says:

    Materinya sangat menarik dan sangat berwawasan… Pokokny paling top dan the best.
    Alhamdulillah…
    Menambah ilmu lagi…

  26. IPAN JENAB BARUS, S.Pd. says:

    Luar biasa , terima kasih untuk ilmu yang sangat bermanfaatnya .. semoga terus ada acara lagi seperti ini

  27. RINTO LA ANE, S.Pd.I says:

    Materi yang di berikan sangat bermanfaat dan penelitan-penelitan yang dilakukan memang benar adanya moga ke depan pembelajaran di masa pandemi covid 19 ini dapat berjalan dg baik yaitu di perlukan kerja sama yang baik dari semua pihak terutama kerja sama yang baik antara guru,orang tua,lingkungan dan sarana prasana yang baik sehingga pembelajaran dimasa pandemi ini dapat berjalan dengan baik pula.

  28. Angga Hafita W. S. says:

    Terima kasih bu Rasmita, materinya bagus sekali dan jelas dalam penyampaian. Semoga ke depan akan ada lanjutan webinar seperti ini lagi.
    Sukses selalu.

  29. RYAAS RASYID says:

    materi yang sangat bermanfaat. semoga bisa menerapkan materi dalam kehidupan sehari-hari. khususnya di SD

  30. Yanu Dwi Ardhani, S.Pd says:

    Webinar kali ini sungguh bagus dan menambah wawasan saya swbagai tenaga pendisik. Materinya benar benar berkualitas sesuai dengan keadaan kita saat ini. Semoga ke depan ada lagi kegiatan webinar spt ini. Sehingga saya dapat terus menambah wawasan utk diterapkan di sekolah. Terima kasih

  31. AL MUNAWWARAH says:

    Materinya benar benar materi yang sangat di butuhkan saat sekarang ini. Semoga peserta bisa memahami setiap materi. Sukses selalu panitia dan pemateri. Terimakasih ilmunya.

  32. Dra.Aneke A.Tumangken says:

    Terimakasih untuk ilmunya yang luar biasa yang mengenak dimasa pandemik ini sehingga sebagai seorang guru mendapatkan ilmu untuk diterapkan dalam KBM ini, Narasumbernya yang yang tau keberadaan guru bahkan yang dibutuhkan oleh guru sehingga memberikan solusi kpda guru dalam proses KBM

  33. fathiah putri varizza says:

    materinya bagus, karena terkait dengan situasi sekarang, penyampaian materi oleh narasumber juga baik dan jelas, terimakasih banyak atas ilmunya.

  34. Rahmat Iman Sultoni says:

    ماشاء الله شكرا جزيلا و جزاكم الله أحسن الجزاء
    Pengetahuan yang sangat dibutuhkan dan berharga, mengingat kondisi pembelajaran pada era pandemi ini, semoga apa yang telah kami terima dalam pertemuan webminar via Zoom , dapat bermanfaat bagi diri sendiri maupun ummat, dan semoga menjadi amal jariyyah bagi pemateri, panitia, dan elemen yang berkaitan.
    Sehingga dapat menjadi bekal di yaumil hisab kelak .

    نفع بكم الإسلام و المسلمين آمين

  35. Merlika Ibrahim says:

    Pendidikan indonesia saat ini di tengah pandemi covid19 sangat menghambat pembelajaran para murid dari jenjang sd,smp,sma, dan mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran. Yang membuat hambatan pembelajaran adalah ada yang mengeluh nggak punya android dan susahnya jaringan yang ada di daerah terpencil. Tapi para siswa dan mahasiswa tetap semangat dalam melaksanakan pendidikan di tengah pandemi covid19 dan pemerintah juga sudah memberikan perlengkapan yang sudah cukup baik. Kami anak indonesia tetap semangat menuntut ilmu✊

  36. ATIN SHOLIHAH, S.Pd.I says:

    Alhamdulillah materinya luar biasa, sesuai yg dibutuhkan banyak orang saat ini baik guru orang tua dan peserta didik. Pemaparan yang begitu lugas, jelas dan tegas menambah materi semakin jelas dipahami dan dimengerti. Trimakasih untuk panitia, trimakasih untuk nara sumber semoga webinar kali ini benar benar memberikan manfaat yang nyata pada semuanya Aaamiinnn…

  37. Minhatul Maula says:

    Maya Allah banget untuk pemateri hari ini. Ilmu-ilmunya isi daging semua. Selalu berkah dan bermanfaat.

  38. Muksin,S.Pd says:

    Pembelajaran melaui media gerup sngat bermanfaat bagi peserta didik dan guru sehingga proseses pjj berjalan sesuai apa yg kita harapkan

  39. Yan Sukirman, S.Pd says:

    Materi sangat menarik yaitu penyesuaian kebijakan di era new normal dengan memperbolehkn belajar secara luring pd zona hijau dan kuning dengan tetap memperhatikn protokol kesehatan serta tiga alternatif kurikulum yg ditawarkn.

  40. Fikri Yandini says:

    Ilmu yang diberikan sangat bermanfaat dan semoga webinar kedepan bisa memberikan inspirasi dan motivsi yang lebih lahi. Terimaksih.

  41. VIRA RUKMA HIDAYAH says:

    materinya sangat bagus & menarik. sesuai dengan kondisi yg dialami sekarang ini. pematerinya & penyampaiannya juga luar biasa👍

  42. Maria Hastuti, S.Pd. says:

    Materi webinarnya sangat menarik, apalagi penyampaian dari nara sumber yang jelas dan detail, ini ilmu baru terkhusus untuk saya karna beda webinar beda juga ilmu yang diterima, terimakasih atas ilmunya..

  43. ARIFIN says:

    Materinya sangat bagus, penyampaian materipun oleh narasumber sangat di mengerti dan lugas, semoga manfaat…. pokoknya mantaapppoo

  44. Rizky Nafila says:

    Terimakasih untuk penyelenggara webinar kali ini yang memberikan materi sangat bagus, menarik, dan benar benar tidak membosankan. Lalu pemateri/narasumber juga yang menjelaskan dengan baik sehingga peserta mudah memahaminya.
    Jazakumullah Khairan katsiran, semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan yang banyak.

  45. Dwi Kurniawati says:

    Alhamdulillah beruntung sekali bisa mengikuti webinar yang menarik ini, dengan narasumber yang luar biasa, insyaaAllah materi yang didapat dapat semakin membuka wawasan kita bagaimana mengemas dan mempersiapkan pembelajaran selama pandemi covid 19 ini. Semangat untuk semuanya…semoga pandemi covid 19 segera berlalu.

  46. Mochamad Sofian Hadi, SSi, MP.d says:

    Materi yang disampaikan bisa untuk menambah wawasan ke depannya nanti. Terutama untuk menambah keilmuan kita

  47. Endiyah Widayatun says:

    Alhamdulillah, terimakasih dapat info2 terbaru yang menyegarkan dari pemateri.. Ditunggu webinar selanjutnya yang aplikatif sesuai kebutuhan mengajar di masa pandemi💕

  48. Hidayatul Hikmah, S.Pd says:

    Semoga kedepannya lebih sering membahas materi2 seperti ini Dan saran Ada sharing pengalaman dari yang pernah melakukan seperti yang dipaparkan

  49. Ariyanti Rahayu says:

    Materinya sangat bagus dan sangat bermanfaat sekali, terimakasih kepada pemateri dan rekan kepanitian semua, semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah

  50. Arini Windiastuti, S.Pd.I says:

    Ilmunya sangat bermanfaat di masa pembelajaran saat ini. Tetap semangat dan sukses selalu untuk semuanya

  51. Gita Lupiana says:

    Alhamdulillah, terimakasih atas materj yang sangat luar biasa, semoga seminarnya tidak putus d sini saja.. aamiin

  52. HERLINA SYAM says:

    TERIMA KASIH ATAS MATERINYA YANG SANGAT SESUAI DENGAN KONDISI SAAT INI, PENYAMPAIAN MATERI BAGUS, SANGAT MENYENTUH, SEMOGA KE DEPANNYA LEBIH BAIK LAGI

  53. ELLY GUSRIATI says:

    Alhamdulillah… Senang sekali bisa di berikan kesempatan mengikuti acara ini, pematerinya mantap.. penjelasannya oke banget,, panitianya juga ramah2..
    Pengen ikutan lagi kalau ada seminar lanjutan…👍

  54. Zola Fitriana says:

    Materinya sangat menarik, bermanfaat,, penyampaian materi juga sangat baik dan mudah dipahami, serta sesuai dengan kondisi saat ini untuk melakukan pembelajaran jarak jauh/ pjj.

  55. DELFITA NUR APRILUTFI says:

    Materi yang disampaikan sangat jelas, mudah dipahami, dan bermanfaat sekali. Tadi Pemateri menjelaskan sangat rinci. Lebih mengerti bagaimana permasalahan dan cara mengatasi PJJ pada masa sekarang. Terimakasih ilmu dan informasinya bermanfaat

  56. Disminanto says:

    Pentampaian yg jelas dan akting yg bagus terutama pada gerakan vikalnya… Dan materinya secara global dan menyeluruh… Bagus luar biasa trimakasih pengetahuannya dan informasinya…

  57. Elvira Dwi Satria Mantili, S.Pd says:

    Materinya sangat menarik, penyampaian materi juga sangat baik dan mudah dipahami.

    Cara pemaparan/penjelasan sangat bagus dan sesuai dengan yang kita alami saat pandemi ini.

  58. Theresia Murni Tince Nababan, S.Pd says:

    Materinya sangat bermanfaat dan pematerinya pun dalam penyampaiannya sangat menarik.
    Pembahasannya sangat berguna dalam masa masa sekarang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *