Mahasiswa KKN-AKB FKIP UNIDA Bogor Lakukan Penyuluhan Pendidikan Kesehatan Diri Masyarakat

Kamis (27/08/2020), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Adaptasi Kebiasaan Baru (KKN AKB) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda adakan penyuluhan pendidikan bagi masyarakat Pancawati Kabupaten Bogor. Kelompok KKN AKB 4 2020 yang beranggotakan 5 mahasiswa diantaranya: Dimas Azwar Muslim, Sita Amaliah, Mazya Tri Andari, Rismawati, Anti Sri Novita sari, dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak H. Mustolah Maufur, MA. dan Teguh Prasetyo, M.Pd. Penyelenggaraan kegiatan penyuluhan pendidikan secara offline bersama masyarakat Kampung Pancawati dengan Tema: Penyuluhan Pendidikan Kesehatan Diri Masyarakat Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Selama kegiatan penyuluhan berlangsung pemateri dan peserta tetap menjaga protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah Kabupaten Bogor.

Kegiatan penyuluhan pendidikan kesehatan diri ini bekerja sama dengan Bidan muda yaitu Maudy Ulfariana Mantika Amd.Keb. sebagai pemateri. Peserta kegiatan sebanyak 33 warga yang berasal dari Pancawati. Program penyuluhan pendidikan kesehatan ini selain bekerjasama dengan bidang muda juga bekerjasama dengan MI Al-Aziziyah sebagai penyedia tempat penyuluhan, serta dibantu oleh bapak RW dan bapak RT Pancawati dalam mempersiapkan kegiatan tersebut. Kegiatan ini memiliki tujuan memberikan informasi serta pengetahuan agar masyarakat setempat lebih memahami serta dapat menerapkan cara menjaga kesehatan diri pada masa adaptasi kebiasaan baru ini serta bisa lebih waspada terhadap virus dan penyakit agar kesehatan keluarga serta lingkungan sekitar bisa tetap terjaga.

Rangkaian kegiatannya terdiri dari pemaparan pendidikan menjaga kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru, tensi darah, dan pemberian vitamin, serta sesi tanya jawab mengenai permasalahan kesehatan yang dialami masyarakat kampung Pancawati.

Materi inti yang disampaikan oleh Kak Maudy, mengenai pendidikan menjaga kesehatan diri pada masa adaptasi kebiasaan baru, mencakup pengetahuan mengenai Covid-19 dan New normal atau adaptasi kebiasaan baru, penyebab terjadinya virus, gejala-gejala terkena virus serta cara menjaga diri dari virus dan cara pencegahan penularan virus Covid-19 pada masa adaptasi kebiasaan baru ini.

Dikesempatan tersebut, Pak Teguh selaku DPL KKN AKB berpesan agar mahasiswa tetap menjaga diri secara langsung ketika berbaur dengan masyarakat dan tetap semangat belajar di masa pandemik seperti ini. Alhamdulillah, rangkaian acara berjalan dengan baik dan lancar, masyarakat sekitar Pancawati merasa senang dan antusias dalam menghadiri dan mengikuti rangkaian kegiatan tersebut serta masyarakat berharap agar kegiatan seperti ini bisa diadakan kembali di kemudian hari. (Sita, Dimas, Risma, Mazya, Anti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *