Profil Sekolah Dasar Inklusif Islam Al Fikri Depok

Aassalamu’alaikum, wr.wb

Saya akan memberikan info kepada Anda semua, profil sekolah salah satu penyelenggara pendidikan inklusi terbaik dan saya rekomendasikan, yakni Sekolah Dasar Islam Fitrah (SDIF) Al Fikri Depok. Sekolah inklusif ini memberikan pelayanan dan menerima anak berkebutuhan khusus dengan memberikan hak kepada anak ABK untuk bersekolah dengan memberikan fasilitas yang sangat unggul dan memadai. Adanya penyesuaian materi kurikulum untuk anak ABK sesuai dengan kebutuhannya. Dengan jenjang penanganan siswa ABK yang dikhususkan dan lengkap meliputi: Guru Kelas, Koordinator Level, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Sekolah, Principal dan, Psikolog. Pengorganisasian yang sangat baik ditunjang juga dengan adanya LSC (Learning Support Center) menjadikan SDIF Al Fikri memiliki fasilitas dan jenjang penanganan siswa yang baik dalam aspek layanan khusus maupun motorik siswa. Sekolah Dasar Islam Al Fikri memiliki berbagai kondisi fisik maupun non fisik dalam program sekolah penyelenggara pendidikan inklusi yang baik, serta dalam bentuk efektifitas program sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif yang sangat baik.

Prolog Kebijakan Pendidikan Inklusif

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional memberikan warna lain dalam penyediaan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Pada penjelasan pasal 15 tentang pendidikan khusus disebutkan bahwa pendidikan khusus merupakan pendidikan untuk peserta didik yang berkelainan atau peserta didik yang memiliki kecerdasan luar biasa yang diselenggarakan secara inklusif atau berupa satuan pendidikan khusus pada tingkat pendidikan dasar dan menengah. Pasal inilah yang memungkinkan terobosan bentuk pelayanan pendidikan bagi anak berkelainan berupa penyelenggaraan pendidikan inklusi terutama pada Pendidikan Anak Usia Dini. Secara lebih operasional, hal ini diperkuat dengan peraturan pemerintah tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus. Dengan demikian pelayanan pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tidak lagi hanya di SLB tetapi terbuka di setiap satuan dan jenjang pendidikan baik sekolah luar biasa maupun sekolah reguler atau umum. Dengan adanya kecenderungan kebijakan ini, maka semua calon pendidik di sekolah umum wajib dibekali kompetensi pendidikan bagi ABK. Pembekalan ini perlu diwujudkan dalam Mata Kuliah Pendidikan Inklusif atau Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, Indonesia selama ini sudah menyelenggarakan pendidikan inklusif, dimulai dari tingkat pendidikan dasar (SD) sampai dengan tingkat atas (SMA). Beberapa lembaga penyelenggara pendidikan mulai menggunakan kurikulum yang dirancang dalam pendidikan inklusi. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah apakah sekolah yang telah melaksanakan pendidikan inklusi telah bisa mencapai efektivitas program sekolah penyelenggaraan pendidikan inklusi.

Sekolah Dasar Islam Fitrah Al-Fikri Depok adalah salah satu sekolah yang telah melaksanakan sistem pendidikan inklusi. Sekolah ini telah memberikan pelayanan pendidikan yang dibutuhkan peserta didik sesuai dengan kurikulum yang ada. Sekolah Dasar Islam Fitrah Al-Fikri Depok menjadi kunjungan observasi penulis sebagai sekolah yang telah menyelenggarakan pendidikan inklusi. Kesempatan ini dimaksimal penulis agar dapat lebih mengamati efektivitas program sekolah penyelenggaraan pendidikan inklusi.
Sekolah Dasar Islam Fitrah Al Fikri merupakan salah satu sekolah yang peminat dari warga sekolahnya termasuk ke dalam kalangan menengah ke atas. Namun sekolah juga memberikan keringanan bagi siswa ABK yang tidak mampu. SDIF Al Fikri sangat menekankan kepada fasilitas anak khususnya pada anak ABK. Contohnya memfasilitasinya sebaik mungkin melalui konsultasi psikolog yang terdapat di SDIF Al Fikri. Selain itu, untuk menyiasati keterbatasan sarana dan prasarana SDIF Al Fikri telah memiliki program yang kontinu demi berlangsungnya efektifan penunjang sarana dan prasarana. melalui sumber dana yang cukup besar siswa-siswi pun mendapatkan penggunaan sarana dan prasarana yang memenuhi kebutuhan termasuk didalamnya cara penanganan siswa ABK.

Visi SDIF Al Fikri Kota Depok:
Visi SD Islam Fitrah Al Fikri adalah Menjadikan sekolah terbaik di Kota Depok dengan berlandaskan filosofi fitrah yang dimilikinya.

1. Kurikulum

Kurikulum yang digunakan oleh SDIF Al Fikri adalah kurikulum 2013 edisi revisi yang diperuntukkan untuk siswa-siswi reguler atau normal. Adapun kurikulum yang telah dimodifikasi untuk siswa berkebutuhan khusus, yaitu Curriculum Mapping yang terdiri dari yang Khusus yaitu digunakan untuk siswa ABK yang IQ dibawah rata-rata (<70), sesuai dengan kemampuan anak, dan ikut serta dalam ujian sekolah. Adapun Curriculum Mapping Modifikasi yaitu diperuntukan untuk siswa yang memiliki hasil tes IQ antara 70-90 dengan perkembangan dalam tahap belajar, dan UN reguler di kelas khusus dengan pendampingan. Selanjutnya, Curriculum Mapping Reguler yaitu: IQ rata-rata dan di atas rata-rata dan termasuk kelas Ujian Nasional reguler. Dengan begitu kurikulum reguler dan kurikulum kelas cukup berkaitan sehingga memungkinkan penyelenggaraan pendidikan inklusif.

2. Rancangan Kegiatan Pembelajaran

Pelajaran yang diberikan terdiri dari 10 mata pelajaran yang terbagi pada dua komponen dan 2 keterampilan sebagai pengembangan diri siswa. Adapun 20 keterampilan untuk mengembangkan diri siswa yang terdiri dari beberapa ekstrakurikuler wajib (Pramuka) dan umum salah satunya seperti (Munaqosah, futsal, IT, Cookery, tari, musik dll).
Selain itu, SDIF Al Fikri memiliki beberapa program diantaranya seperti Special event yang meliputi jelajah kampung, work with parents, Al Fikri Project, Camp Day, Peringatan Hari Besar Islam, Peringatan Hari Besar Nasional, Special Week (Setelah selesai UTS dan UAS) Program lainnya SDIF Al Fikri menerapkan program Special Day yang diadakan 1 x setiap 1 semester, dilaksanakan di sekolah untuk mengaplikasikan hasil pembelajaran yang didapat di kelas sesuai dengan tema pembelajaran di kelas. Dan Outing yang dilaksanakan 1 x dalam 1 tahun (semester 1 atau 2) untuk menambah wawasan dan pengalaman belajar diluar sekolah sesuai dengan tema pembelajaran di semester tersebut.

Dari program kegiatan belajar yang meliputi pengembangan diri ini di fasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik. Program kegiatan belajar lainnya untuk Anak berkebutuhan khusus yaitu program Learning Support Center (LSC).

Learning Support Center Room

3. Proses Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran di SDIF Al Fikri Depok

Proses pembelajaran di kelas disesuaikan dengan kurikulum yang telah disepakati yaitu Kurikulum 2013 atau K-13 dalam kegiatan belajar mengajar untuk siswa reguler, untuk siswa inklusi disesuaikan dengan kebutuhan dan pemahamannya dalam kegiatan belajar mengajar, dengan bantuan dari modifikasi kurikulum. Adapun model penempatan untuk kelas reguler setting inklusi yaitu siswa berkebutuhan khusus belajar di kelas reguler berinteraksi sama dengan siswa non ABK namun didampingi oleh guru pendamping khusus. Untuk kelas reguler dengan pull out yaitu siswa berkebutuhan khusus belajar di kelas reguler namun sewaktu-waktu dapat ditarik ke kelas khusus (ruang inklusi).

Kegiatan belajar mengajar yang perlu diperhatikan adalah hubungan baik dan harmonis yang terjalin di dalam kelas antara guru dengan siswa dan hubungan siswa yang satu dengan yang lain, dalam pengamatan observasi yang berlangsung proses kegiatan belajar mengajar berlangsung sangat efektif dan sesuai dengan minat dan bakat siswa serta untuk pemenuhan media sarana dan prasarana dalam menunjang pembelajaran berjalan dengan baik sehingga siswa reguler maupun ABK dapat melakukan aktivitas belajarnya dengan aman, nyaman dan tertib.
Kegiatan mengajar siswa ABK sangat terkendali dan terkontrol dikarenakan terdapat pendamping yang selalu mengawasi siswa tersebut dalam proses belajar, sehingga siswa ABK tersebut tidak mengganggu teman yang lain. Siswa ABK mendapatkan penanganan dan fasilitas yang khusus dari sekolah untuk menunjang kegiatan belajar yang lebih baik. Hal tersebut diharapkan agar siswa reguler maupun ABK dapat mencapai indikator dalam tujuan pembelajaran.

4. Bentuk Evaluasi Pendidikan Inklusif

Adapun bentuk evaluasi SDIF Al Fikri untuk menunjang dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi seperti memberikan bekal pelatihan untuk para pendidik baik guru reguler dan guru GPK, dengan adanya evaluasi dapat menjadikan tenaga pendidik mengetahui sistematika yang harus dijalankan dalam proses belajar mengajar. Dengan begitu kepala sekolah SDIF Al Fikri memberikan pelatihan khusus baik dalam kegiatan raker atau workshop kepada guru reguler maupun kepada guru GPK agar mereka dapat lebih memahami berbagai cara bagaimana untuk mengatasi anak ABK di dalam kelas. Dengan adanya pelatihan khusus, pelayanan yang diberikan guru kelas dan guru pendamping GPK dapat disesuaikan dengan baik, sehingga guru kelas dan pendamping GPK dapat mengatasi anak ABK dengan baik sesuai dengan minat dan bakatnya.

Selain itu, guru lebih mudah untuk mengelola nilai yang dilihat dari standar diagnosanya, adapun standar nilai khusus yang diberikan guru untuk anak ABK dalam pembelajaran, selain itu bentuk evaluasi dalam penyelenggaraan pembelajaran SDIF Al Fikri memberikan 2 jenis raport untuk peserta didik normal dengan kategori Raport Nilai, dan Raport Narasi sedangkan untuk anak inklusi SDIF Al Fikri memberikan 3 jenis Raport sebagai bahan evaluasi yaitu Raport Nilai, Raport Narasi, Raport IP untuk melihat sejauh mana pencapaian pengembangan anak inklusi tersebut.

Adapun evaluasi lainnya, yaitu seperti kegiatan shadow teacher yang merupakan salah satu metode untuk mendukung anak berkebutuhan khusus dalam belajar di sekolah umum. Shadow teacher adalah guru pendamping yang bekerja secara langsung dengan anak berkebutuhan khusus selama masa sekolah. Peran shadow teacher disini yaitu dapat memahami berbagai kesulitan belajar serta cara menangani anak berkebutuhan khusus dengan baik dan memungkinkan anak untuk menerima perhatian khusus yang anak butuhkan.

Shadow teacher di SDIF Al Fikri dilatih untuk membantu anak berinteraksi dengan orang lain dan membantu mereka agar dapat memahami pelajaran. Dalam evaluasi ini komunikasi dan kerjasama antara shadow teacher, guru kelas, dan orang tua sangat penting agar tercipta hubungan yang bermakna guna memenuhi kebutuhan anak. Shadow teacher bekerja sama dengan guru wali kelas dan guru konselor dalam pelayanan siswa serta membantu memberikan para siswa dengan menanamkan tanggung jawab, mendorong keberanian dan mendorong siswa dalam belajar.

Guru SDIF memberikan Layanan kepada anak ABK

Memberikan Layanan anak berkebutuhan khusus seperti pada pemilihan kelas diantaranya kelas pilihan sesuai dengan keistimewaan yang dimiliki misalnya kelas IT (Hardware atau Software, Animasi atau Storytelling) dan kelas pilihan motorik dan terapi misalnya kelas lukis, kriya, fotografi, desain grafis, menjahit, desain dan cetak pin/mug dan sebagainya. Evaluasi yang dilaksanakan SDIF Al Fikri untuk lebih menunjang penyelenggaraan pendidikan inklusi menekankan pada kegiatan yang kontinu dalam kegiatan harian, shadow teacher, evaluasi setiap pekan pun selalu di kontrol untuk melaksanakan suatu tindakan.

Sekolah Dasar Islam Fitrah Al Fikri Depok diharapkan dapat menjadi sekolah yang baik sesuai dengan visi dan misi. Dengan memberikan pelayanan maupun fasilitas yang ada serta dapat mempertahankan adanya sistem pendidikan inklusi di sekolah ini dengan meningkatkannya ke arah yang lebih baik lagi, khususnya dapat membuka dan menerima siswa berkebutuhan khusus yang dalam perekonomiannya cukup rendah. (Ida Mardiana & Hesty Wahyu A.)

Wa’alaikumsalam, terimakasih sudah membaca.

30 thoughts on “Profil Sekolah Dasar Inklusif Islam Al Fikri Depok

  1. Anida Khuzaima Hakim says:

    jadi penasaran bagaimana pembelajaran disana, semoga di post selanjutnya untuk yang isinya tentang pembahasan sebuah tempat gini di banyakin fotonya. jadi pembaca bisa juga tau gambaran menyeluruh disana nya. biar gak penasaran gitu
    contohnya kayak hasil karya anak- anak nya disana, atau model penataan kelasnya itu. makasih

    • Sinta Suryani says:

      Semoga Sekolah Dasar Inklusif Islam Al Fikri Depok ini bisa dijadikan sebagai contoh untuk sekolah-sekolah Inklusif yang lainnya, dan lebih diperjelas lagi dalam proses pembelajarannya agar pembaca tau bagaimana proses dalam pembelajarannya.

  2. DEDE EKA SAFITRI says:

    Patut di jadikan contoh untuk sekolah-sekolah lain.
    Dengan adanya sekolah yg memiliki fasilitas yg cukup memadai seperti ini dapat membantu anak-anak berkebutuhan khusus sehingga bakatnya dapat di asah dan terarah…
    Alhamdulillah terimakasih informasinya

    • Ismawarti Hasyim says:

      Dengan adanya SD Islam Fitrah Al Fikri semoga dapat memotivasi sekolah ABK lainnya agar lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada anak-anak berkebutuhan khusus.

  3. Siti Nur Paridotul R says:

    wah masyaAllah luar biasa dilihat dari visi sekolah nya saja sudah membuat merinding,,, luar biasa sekolah ini, semoga makin maju dan menularkan keluarbiasaannya kepada sekolah lain

  4. Rindiani Salsabila says:

    Sangat menarik dan keren sekali sekolah ini, jadi ingin berkunjung dan melihat bagaimana proses KBM nya berlangsung, semoga dengan adanya sekolah ini dapat menginspirasi sekolah ABK lainnya untuk tetap maju dan lebih baik lagi

  5. Lia Amelia says:

    Semoga sekolah ini dapat menjadi contoh sekolah inklusif lainnya baik dalam fasilitas sekolah maupun kegiatan belajar mengajar nya

  6. Natasha Almas Shadida says:

    Wah luar biasa sekali sekolah ini. Semofa dengan adanya sekolah bagus ini bisa memberi contoh untuk sekolah-sekolah lain sehingga anak-anak berkebutuhan khusus bisa segera mendapatkan hak yg sama untuk mengasah bakatnya masing-masing

  7. Susi Eka Novianti says:

    MasyaAllah, sekolah yang patut jadi percontohan untuk sekolah sekolah lain, semoga sekolah sekolah seperti ini makin banyak di Indonesia agar anak berkebutuhan khusus di Indonesia mendapatkan pendidikan yang merata dan maksimal 😊 Aamiin..

  8. Ela Nurlaela says:

    Jika dilihat mulai dari sistem pembelajaran, sara na yang secara kontinyu sampai evaluasi guru, sekolah ini patut dijadikan contoh. Semoga kedepannya lebih jayaa lagi. Aamiin

  9. EVIH SUSILAWATI says:

    Masya Allah, terikasih untuk informasinya.
    Sekolah Dasar Inklusif Islam AL Fikri ini bisa menjadi contoh untuk sekolah-sekolah lain agar bisa memberikan layanan serta fasilitas yg memadai juga untuk anak didiknya.

  10. Siti Saniawati says:

    Menyesuaikan kurikulum yang sudah di modifikasi sesuai dengan kemampuan anak ABK kedengarannya sulit. Tapi para guru disana hebat bisa menerapkannya. Mudah2an bisa seperti beliau-beliau.
    Terimakasih informasinya,sangat bermanfaat dan memotivasi..
    Semangat menulisnya pak, hidup literasi!

  11. Idah Safitri says:

    Sekolah yang luar biasa.. dengan adanya sekolah ini anak anak ABK memiliki kesempatan untuk belajar seperti anak normal lainnya..semoga semakin sukses

    • Fera Azizah Wicaksana says:

      Mashaa Allah luar biasaa sekali sekolah Islam inklusi Fitrah Al-Fikri ini menyediakan fasilitas layaknya sekolah umum biasanya untuk anak berkebutuhan khusus tentunya, dengan adanya guru lengkap dari konserlor, guru khusus, dan tenaga kependidikan psikolog. Kirukulum yang sesuai membuat mempermudah anak ABK mudah mengikuti proses belajar mengajar, semoga ada sekolah inklusi seperti Al-Fitrah lagi yang bisa memberikan pelajaran, dan fasilitas terbaik aamiinn

  12. Pratiwi Rahim says:

    Sangat bagus dan keren dari sistem pembelajarannya , jadi penasaran pengen liat langsung ke sekolah Islam Al Fikri Depok, patut di contoh cara sistem pembelajarannya.semoga kedepannya lebih jauh bagus lagi.amien

  13. Riskalia Nurbani says:

    wah masyaallah sekolah SDIF Al Fikri ini patut untuk dijadikan contoh sekolah lain agar anak ABK memiliki kesempatan belajar yang sama dengan anak-anak lainnya.

  14. Wulanda yanti says:

    Alhamdulillah setelah membaca informasi tentang SDIF al fikri Depok bisa menambah wawasan tentang pendidikan inslusif. Semoga sekolah seperti ini bisa diterapkan disemua wilayah untuk pendidikan ABK

  15. Siti Maryati says:

    kehadiran SDIF Al Fikri semoga bisa menjadi inspirasi bagi sekolah sd lainnya. Bisa memberikan kesempatan untuk anak berkebutuhan khusus untuk bisa terus bersekolah

  16. Suci Rahmawati says:

    Masha Allah, alhamdulillah dengan adanya Sekolah Dasar Inklusif Islam Al Fikiri Depok ini menjadikan anak-anak berkebutuhan khusus bisa mengenyam pendidikan layaknya anak normal lainnya, semoga kedepannya semakin maju dan lahir sekolah-sekolah baru seperti SDIF Al Fikri ini yang peduli terhadap anak kebetuhan khusus.

  17. Tina Rudiantini says:

    sangat luar biasa,,,. semoga kedepannya semakin banyak sekolah-sekolah yang seperti ini untuk Abk aamiin
    dan sekolah Dasar Inklusif Islam Al Fikri ini bisa dijadikan swbagai contoh baik dalam kurikum dan fasilitasnya.

  18. Tiara Pasambuna says:

    Masya Allah, sekolah SDIF AL-FIKRI ini memiliki sistem pembelajaran yg bagus, terutama di Al-Fikri sangat memperhatikan hubungan baik yang harmonis di antara guru dengan siswa. Semoga SDIF AL-FIKRI menjadi contoh yang baik untuk sekolah-sekolah inklusif lainnya.

  19. Dede Eka safitri says:

    Alhamdulillah ada sekolah yg betul” dalam menangani anak ABK, semoga sekolah seperti ini makin banyak bahkan sampe ke perkampungan, karena biasanya di daerah perkampungan anak ABK banyak yg tidak sekolah, karena tidak di terima oleh sekolah biasa..

  20. Rita Anzani says:

    Alhamdulillah, terimakasih atas informasi tentang SDIF Al Fikri. Sekolah yang mempunyai visi misi yang sangat luar biasa untuk membangun pendidikan di daerahnya, sekolah yang perduli akan pendidikan anak yang ABK.
    Semoga sekolah ini tetap berjaya.

  21. M. Nurdin says:

    Dengan adanya sekolah Dasar Inklusif Islam Al Fikri kita menjadi terinsfirasi, dan semoga menjadi motifasi bagi sekolah -sekolah lainya yang sama sama ingin menjadikan generasi penerus bangsa yang mempunyai akhlak yang baik dan berkarakter. Untuk sekolah SDIF AL-FIKRI trus semangat IS THE BEST

  22. M.nurdin says:

    Sangat luar biasa dan ini menjadi sebuah infirasi bagi kita dengan adanya pendidikan inklusi di sekolah dasar Isalam al-fikri semua anak bisa belajar dengan maksimal seperti hal nya anak-anak pada umumnya, dan ini mudah2n menjadi sebuah insfirasi dan motipasi bagi semua nya amiin. Alhamdulillah tetap semangat luar bias.

  23. Yuniarti Rahayu says:

    luar biasa sekolah ini bisa dijadikan panutan/ contoh untuk sekolah yang lainnya lain agar bisa memberikan layanan serta fasilitas yg memadai juga untuk anak didiknya.

  24. Yuniarti Rahayu says:

    Semoga sekolah ini bisa djadikan contoh/panuta n oleh sekolah-sekolah lainnya , agar sekolah lainnya bisa memfasilitasi dan melayani anak abk.

  25. Elva triana says:

    Sekolah luar biasa dan sangat berjasa, dengan adanya shadow teacher membuat anak-anak berkebutuhan khusus menjadi terarah dan terjamin hak-haknya dalam mendapat pendidkan

  26. Hanna Anggawie says:

    Dengan adanya program pendidikan inklusif di Sekolah Dasar Inklusif Islam Al-Fikri ini semoga dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah yang belum menerapkan program inklusif agar anak-anak ABK dimanapun berada mendapatkan hak belajar sesuai dengan kebutuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *