Quizizz Media Permainan Online Solusi Guru Meningkatkan Minat Siswa SD Mengerjakan Tugas

Masa pandemi masih belum berakhir sampai tahun 2021. Virus covid-19 masih terus bertahan hingga kini. Berbagai kegiatan yang sebelumnya dilakukan tatap muka harus dialihkan menjadi kegiatan tatap gawai. Mulai dari pekerjaan, jual beli, hingga kegiatan pendidikan. Pembelajaran dalam kelas, kini berubah menjadi pembelajaran dalam berbagai aplikasi. Mulai dari whatsapp, google classroom, hingga ke pertemuan virtual melalui zoom maupun google meet.

Pada awal masa pandemi, banyak siswa antusias dengan sistem pembelajaran ini. Menikmati kegiatan pembelajaran di rumah tentu terbayang lebih santai dan menyenangkan. Tetapi selang waktu beberapa lama, kegiatan ini mulai menjenuhkan. Terus diam di rumah, menatap layar dengan berbagai tugas yang diberikan sebagai pengganti pembelajaran di dalam kelas agar siswa dapat belajar secara mandiri di rumah. Ditambah dengan sulitnya belajar mandiri bagi siswa SD sehingga perlu peran orang tua untuk menggantikan peran guru dalam proses belajar.

Tidak mudah. Kebanyakan orang tua mengeluhkan sistem pembelajaran ini. Mereka keberatan jika setiap mata pelajaran harus mengerjakan tugas tanpa adanya bimbingan dari guru. Bagi mereka yang mempunyai keterbatasan pendidikan, seringkali kali harus ikut belajar bersama dengan anak-anaknya. Mengingat kembali pembelajaran yang sudah berlalu puluhan tahun terkadang membuat mereka merasa lelah.

Selain orang tua, banyak guru juga mengalami berbagai kendala dalam kegiatan pembelajaran. Keterbatasan media dan kemampuan dalam penggunaan media teknologi saat ini menjadi salah satu penyumbang tidak berkembangnya inovasi. Padahal di saat seperti ini, inovasi sangat diperlukan untuk meningkatkan minat belajar siswa di rumah. Pengembangan inovasi yang bisa dilakukan guru adalah dengan memanfaatkan berbagai media dan platform edukasi untuk menarik minat siswa dalam pembelajaran.

Salah satu media pembelajaran yang mempunyai kemungkinan menarik minat siswa adalah dengan media permainan. Para siswa dapat merefleksikan diri dengan permainan, tidak hanya dengan tugas menulis, membaca, menghafal dan menghitung dengan buku maupun aplikasi umum seperti microsoft word. Tapi permainan seperti apa yang bisa digunakan untuk pembelajaran?

Quizizz dapat menjadi pilihannya. Quizizz merupakan salah satu platform permainan yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Quizizz dapat menggunakan gawai atau android, laptop maupun media lain yang dapat membuka browser dan memiliki akses internet. Penggunaannya cukup mudah dan memiliki fitur yang mendukung untuk pembelajaran.

(Dokumentasi Quizizz dalam pembelajaran daring oleh Zelika Afaria Mahasiswa PBA KKN AKB FKIP Unida 2021)

Dosen Pembimbing KKN AKB 2021 FKIP Universitas Djuanda Bogor: Teguh Prasetyo, M.Pd.

Pada kegiatan KKN ini, saya mendapat kesempatan untuk menjadi guru dalam mata pelajaran agama Islam dan matematika. Kegiatan pembelajaran dilakukan menggunakan zoom, yang diikuti oleh siswa SD kelas 5. Kegiatan dengan zoom ini sangat didukung oleh orang tua dikarenakan guru dan siswa dapat berinteraksi langsung, sehingga apabila siswa menemukan kesulitan dapat langsung mendapatkan penjelasan dari guru.

Untuk menarik minat siswa dalam pembelajaran, saya menggunakan quizizz sebagai salah satu media evaluasi dari hasil pembelajaran pada pertemuan tersebut. Para siswa sangat antusias menggunakan media ini, walaupun ada beberapa siswa yang terkendala oleh sinyal sehingga diperlukan waktu yang lebih lama untuk mengerjakan kuis ini. Namun, itu tidak menyurutkan minat siswa dalam mengikuti kuis. Terbukti dari 29 siswa yang mengikuti zoom, beberapa mengulang-ulang permainan hingga tercatat 63 kali dimainkan.

Selain dapat menjadi media evaluasi, media ini juga bisa memberikan catatan tambahan atau penjelasan terhadap jawaban yang ada. Sehingga siswa tidak hanya mendapat hasil akhir, tetapi juga mendapat penjelasan terkait jawaban benarnya.

Feedback orang tua pun positif, salah satu wali siswa mengatakan bahwa anaknya menjadi senang mengerjakan tugas dengan permainan ini. Guru pengampu seharusnya, juga berpendapat demikian, beliau mengatakan media ini mampu untuk meningkatkan minat belajar siswa dan dapat digunakan sebagai pilihan dalam kegiatan pembelajaran.

So, yuk coba pakai media ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *