Review 10 Artikel Penerapan Media Geoboard Dalam Pembelajaran

Berikut ini review artikel tentang penerapan media geoboard dalam pembelajaran, dengan menganalisis mulai dari latar belakang, tujuan penelitian, metode penelitian, kesimpulan hasil penelitian, dan penelitian selanjutnya. Adapun artikel yang dipilih untuk direview sejumlah 10 artikel yang dipublikasikan pada rentang tahun 2017-2020. Temuan penelitian ini dapat dijadikan rujukan untuk menulis penelitian skripsi, tesis, dan lain-lain. 

Latar Belakang 

Penelitian penerapan media geoboard dalam pembelajaran mengenai keabstrakan matematika yang sulit dipahami oleh siswa sekolah dasar (Ardania et al., 2018), jenjang kemampuan mengetahui, mengenal, dan menerapkan konsep bentuk geometri pada anak usia dini (Sari et al., 2020), masalahnya guru tidak menggunakan metode dan media yang bervariasi (Ulfa, 2019), pengetahuan guru dalam menggunakan media atau metode pembelajaran dan masalah-masalah lain harus selalu digali (Husnaya, 2018), dan kebutuhan guru dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui mengukur sejauh mana kemampuan siswa (Lastrijanah et al., 2017),

Salah satu upaya tersebut menggunakan alat peraga yang mampu membantu pemahaman peserta didik yaitu geoboard (Najmudin et al., 2019), memanfaatkan alat peraga geoboard dalam pembelajaran di kelas (Masturoh & Khaeroni, 2017), penerapan pendekatan pembelajaran CTL dengan media geoboard dalam membantu siswa memahami konsep matematika (Trimurtini et al., 2020), fungsi alat peraga geoboard bagi guru dan siswa (Khotimah & Herawati, 2018), dan kebutuhan pengembangan media geoboard mampu membantu peserta didik tunanetra (Nisa, 2020).

Tujuan Penelitian 

Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh informasi mengenai meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika (Najmudin et al., 2019), meningkatkan pemahaman konsep keliling dan luas bangun datar menggunakan media geoboard (papan berpaku) melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Ulfa, 2019), dan perbedaan hasil belajar siswa menggunakan geoboard dan geopuzzle (Khotimah & Herawati, 2018).

Keefektifan pendekatan CTL dengan Geoboard terhadap pembelajaran matematika (Trimurtini et al., 2020), keefektifan model Contextual Teaching and Learning berbantu media Geoboard pada kemampuan kognitif siswa (Ardania et al., 2018), efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share pada materi Bangun Datar untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa (Husnaya, 2018).

Media pembelajaran geoboard berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (Lastrijanah et al., 2017), pengaruh penggunaan alat peraga geoboard yang signifikan terhadap hasil belajar siswa (Masturoh & Khaeroni, 2017), pengaruh penggunaan media geoboard terhadap kemampuan mengenal konsep bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun (Sari et al., 2020), dan pengembangan media pembelajaran geoboard berbasis teori belajar van hiele untuk anak tunanetra (Nisa, 2020).

Metode Penelitian

Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lewin (Najmudin et al., 2019), penelitian eksperimen (Khotimah & Herawati, 2018; Sari et al., 2020; Trimurtini et al., 2020), riset kepustakaan (Nisa, 2020), penelitian kuantitatif (Lastrijanah et al., 2017; Masturoh & Khaeroni, 2017; Ardania et al., 2018; Husnaya, 2018), dan pendekatan campuran (mixed method) kualitatif dan kuantitatif (Ulfa, 2019).

Simpulan 

Berdasarkan 10 artikel ilmiah pendidikan inklusif yang telah dianalisis dapat disimpulkan sebagai berikut:

Guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa, menggunakan model pembelajaran Think Pair Share bisa menjadi alternatif dalam mengajar (Husnaya, 2018), pembelajaran matematika dengan menggunakan media geoboard berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kinerja guru, dan hasil belajar siswa (Najmudin et al., 2019), penggunaan media geoboard efektif ketika digunakan saat pembelajaran geometri materi bangun datar. Siswa menjadi lebih mudah paham dalam memahami dan mengkonstruksi konsep geometri dan menjadi lebih termotivasi ketika melaksanakan pembelajaran (Lastrijanah et al., 2017), 

Ada perbedaan kemampuan kognitif siswa sebelum menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantu Geoboard dan sesudah menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantu Geoboard (Ardania et al., 2018), penggunaan pendekatan CTL berbantuan media geoboard berpengaruh dalam pembelajaran matematika, tidak hanya secara kognitif tetapi juga psikomotorik (Trimurtini et al., 2020), perolehan hasil evaluasi siswa meningkat dan secara klasikal sehingga penggunaan media Geoboard, dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajari konsep keliling dan luas (Ulfa, 2019).

Media geoboard berpengaruh yang signifikansi penggunaan alat peraga geoboard terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan geometri (Masturoh & Khaeroni, 2017), terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan media geoboard terhadap kemampuan mengenal konsep bentuk geometri anak usia 5-6 tahun, dengan kata lain ada perbedaan peningkatan kemampuan anak dalam mengenal konsep bentuk geometri sebelum dan sesudah pelaksanaan eksperimen dengan menerapkan media geoboard (Sari et al., 2020), kelas eksperimen 1 dengan menggunakan alat peraga geoboard memiliki nilai rata-rata lebih besar dari pada kelas eksperimen 2 yang menggunakan alat peraga geo puzzle yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan geoboard dan geo puzzle pada pokok bahasan segiempat dan (Khotimah & Herawati, 2018). 

Pengembangan media geoboard adalah pengembangan alat peraga geometri board yang dikhususkan untuk disabilitas tunanetra, media ini dapat dibuat dengan papan atau sejenisnya dengan memadukan angka-angka braille dan macam-macam bangun datar, media ini berfungsi dalam memberikan pengertian kepada peserta didik tunanetra untuk mengenal bangun-bangun datar, media geoboard ini dipadukan dengan teori belajar van hiele yang mana teori belajar ini adalah teori belajar yang dikhususkan dalam pembelajaran geometri (Nisa, 2020).

Penelitian Selanjutnya

Penelitian selanjutnya dapat diarahkan pada kemampuan guru dalam merancang media pembelajaran secara efektif dan efisien (Lastrijanah et al., 2017), mengembangkan media serta dilengkapi dengan petunjuk penggunaannya sehingga akan memudahkan siswa (Ulfa, 2019), mengembangkan kompetensi dan keterampilan guru dalam penyediaan media pembelajaran khusus siswa berkebutuhan khusus (Nisa, 2020), dan faktor yang mempengaruhi kreativitas dan inovativitas guru dalam pengembangan media pembelajaran (Husnaya, 2018).

Penggunaan media geoboard dalam meningkatkan hasil belajar siswa  di kelas tinggi dan bagaimana di kelas rendah (Najmudin et al., 2019), pendekatan pembelajaran CTL dengan media geoboard mampu meningkatkan afektif siswa (Trimurtini et al., 2020), perlu juga meneliti model CTL berbantu media geoboard dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa (Ardania et al., 2018), mengukur pelaksanaan pembelajaran matematika berbantu media geoboard yang kondusif (Masturoh & Khaeroni, 2017), memanfaatkan geoboard dan geo puzzle pada materi konsep luas dan keliling dari segiempat (Khotimah & Herawati, 2018), dan mengatasi kesulitan fenomena kemampuan anak dalam mengenal konsep bentuk geometri di sekolah dasar (Sari et al., 2020).

Daftar Pustaka

Ardania, N. V., Wijonarko, W., & Sulianto, J. (2018). KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTU MEDIA GEOBOARD PADA KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD. JS (JURNAL SEKOLAH), 2(3), 181-185. 

Husnaya, A. I. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Materi Bangun Datar Berbantu Media Geoboard Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Troso 06 Pecangaan Jepara. Jurnal Lensa Pendas, 3(2), 50-57. 

Khotimah, H., & Hernawati, H. (2018). Komparasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Geoboard dan Geopuzzle Pada Materi Segiempat dan Segitiga Kelas VII SMP. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 2(2), 123-127. 

Lastrijanah, L., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 87-100. 

Masturoh, I., & Khaeroni, K. (2017). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Geometri. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 9(2), 189-210. 

Najmudin, A. M., Herlina, N. H., & Fuadi, D. N. (2019) PENGGUNAAN MEDIA GEOBOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Bestari| Jurnal Studi Pendidikan Islam, 16, 1907-1337. 

Nisa, Z. E. K. (2020, May). Pengembangan Media Pembelajaran Geoboard Berbasis Teori Belajar Van Hiele Pada Materi Pengenalan Bangun Datar untuk Tunanetra. In SENDIKA: Seminar Pendidikan (Vol. 2, No. 1, pp. 43-54).

Sari, N. M., Chairilsyah, D., & Febrialismanto, F. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Geoboard terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bentuk Geometri pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University). 

Trimurtini, T., Safitri, T. R., Sari, E. F., & Nugraheni, N. (2020, October). The effectivity of contextual teaching and learning (CTL) approach with Geoboard media on mathematics learning for four-grade elementary students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1663, No. 1, p. 012050). IOP Publishing. 

Ulfa, N. (2019). PENGGUNAAN MEDIA GEOBOARD (PAPAN BERPAKU) MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IVB MI WAHID HASYIM GONDANGLEGI TP 2017-2018. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 37-48.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *