Upaya Budidaya Ketakong “Kantong Semar” Sebagai Tanaman Hias yang Unik

Belitung- Keunikan dari si cantik Nepenthes (Kantong Semar) mendapat perhatian dari saya sebagai mahasiswa FKIP yang sedang melaksanakan KKN AKB 2021 untuk melakukan upaya Budidaya Kantong Semar di sekitar tempat tinggal. Mengingat keberadaan Kantong Semar di habitat aslinya semakin sedikit akibat dari meluasnya pembukaan lahan perkebunan sawit dan tambang timah. Sehingga upaya budidaya Kantong Semar masuk kedalam  deretan  program kegiatan yang dilakukan dalam KKN. 

Ketakong merupakan sebutan dari masyarakat Belitung untuk Kantong Semar. Ketakong biasanya ditemui di tempat yang rendah zat hara serta cenderung lembab. Lokasi bekas tambang timah menjadi tujuan pencarian Ketakong. Untuk mempermudah pemindahan kantong semar di wadah yang sudah disiapkan maka cukup Ketakong dengan ukuran sedang yang diambil.  

E:\Galeri KKN Ega\20210802_082020.jpg

Kantong Semar yang diambil oleh mahasiswa KKN AKB 2021 di hutan Desa Cerucuk (Belitung, Ega Aprilimuti)

Sedangkan kantong semar dengan ukuran yang besar serta tumbuh merambat dibiarkan hidup di habitat aslinya. Di tengah hutan,  ditemui kantong semar dengan bentuk yang sangat subur dan tinggi menjulang.  Keberadaan kantong semar tersebut diabadikan dengan  berfoto bersama.

E:\Galeri KKN Ega\20210802_082725.jpg

Mengabadikan penemuannya dengan poto bersama kantong semar yang tumbuh melewati tinggi badan (Belitung, Ega Aprilimuti)

Setelah kantong semar terkumpul,  kantong semar dipindahkan ke dalam wadah dari botol plastik bekas yang sudah dibentuk dengan sedemikian rupa. Sebelumnya kantong semar disiram dengan air agar tetap terjaga kesegarannya. Keesokan  harinya kantong semar siap dibagikan kepada masyarakat sekitar sekaligus memberikan inspirasi kepada masyarakat untuk membudidayakan kantong semar sebagai tanaman hias yang unik. Penerima Kantong Semar begitu senang bahkan ingin langsung memajangnya diantara koleksi tanaman hias lainnya. 

E:\Galeri KKN Ega\WhatsApp Image 2021-08-03 at 07.41.03.jpeg

Membagikan kantong semar kepada masyarakat sekitar (Belitung, Ega Aprilimuti)

Perawatan kantong semar cukup mudah. Kita hanya memastikan kantong semar ditempatkan pada media yang rendah zat hara, ketersediaan air dan kelembaban yang cukup serta terhindar dari teriknya paparan sinar matahari sepanjang hari. Jadi, bagi siapa pun bisa menjadikan kantong semar sebagai salah satu koleksi tanaman hias dirumah. 

Selain itu, jika ditekuni kantong semar bisa menambah pemasukan. Hal tersebut terlihat dari banyaknya toko online yang menawarkan kantong semar. Beragamnya harga yang ditawarkan mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu tergantung dari spesiesnya.

Terlepas dari keunikannya untuk dijadikan tanaman hias. Kantong semar juga berkhasiat untuk digunakan sebagai bahan pengobatan. Masyarakat Belitung mempergunakan air kantong semar yang masih tertutup katupnya untuk mengobati  orang dewasa yang mempunyai kebiasaan  ngompol. Air kantong semar tersebut sangat manjur sehingga dipercaya turun temurun oleh masyarakat setempat untuk mengatasi kebiasaan tersebut. 

Mari kita coba untuk membudidayakan Kantong Semar! Yang hobi tanaman disenangkan yang suka ngompol padahal sudah besar terselesaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *