Vaksinasi COVID-19 Se-Jawa Barat Di Kota Wisata Cibubur

Sampai saat ini pandemi virus corona belum juga berakhir. Untuk menekan kasus yang terus bertambah, pemberian vaksin covid-19 mulai dilakukan. Pemerintah menganjurkan agar semua orang mendapatkannya. Saat ini, vaksinasi covid-19 tengah didistribusikan ke seluruh masyarakat indonesia. Pemberian vaksin ini merupakan solusi yang dianggap paling tepat untuk mengurangi jumlah kasus infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit covid-19.

Vaksinasi massal ini diselenggarakan di Kota Wisata, Cibubur, Indonesia. Terbuka bagi seluruh warga tanpa persyaratan asal KTP. Vaksinasi massal covid-19 di Kota Wisata diharapkan untuk mendukung terbentuknya kekebalan kelompok yang diselenggarakan oleh Pemerintahan Provinsi Jawa Barat.

Vaksinasi massal diselenggarakan di Sport Club Kota Wisata Cibubur selama tiga hari. Hari pertama dilaksanakan pada Senin, 26 Juli 2021, Hari kedua dilaksanakan pada Rabu, 28 Juli 2021 dan Hari ketiga dilaksanakan pada Senin, 02 Agustus 2021. Dilaksanakan pada jam 08:00 sampai selesai.

Pendaftaran vaksinasi massal di Sport Club Kota Wisata Cibubur dilakukan melalui online dan ada juga yang datang langsung dihari vaksinasi. Persyaratan untuk mengikuti vaksinasi peserta harus berusia di atas 18 tahun ke atas. KTP peserta bebas dan tidak harus dari desa atau kecamatan sekitar Kota Wisata. Peserta dianjurkan membawa alat tulis pribadi.

Warga sekitar antusias mengikuti vaksinasi massal covid-19 yang berlokasi di Kota Wisata Cibubur. Warga sekitar merasa nyaman mengikuti vaksinasi di Kota Wisata Cibubur karena panitia setempat sangat optimal memberikan pelayanan, fasilitas yang disediakan untuk melewati setia tahapan vaksinasi sangat memadai.

Vaksinasi ini kerjasama antara Kementerian Kesehatan BPBD Jawa Barat, Pemerintahan Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor, Sinar Mas Land (SML) dan Persatuan Warga Kota Wisata. Vaksinasi yang digunakan adalah SINOVAC.

Peserta vaksinasi harus mengikuti sejumlah tahap. Mulai dari registrasi, pemeriksaan kesehatan vaksinasi sampai observasi. Peserta juga dipandu untuk mengunggah data vaksinasi ke aplikasi Peduli Lindungi, yang merupakan pusat data kesehatan seluruh warga negara indonesia yang dikelola oleh Kementerian Kesehatan.

Pada saat ini dalam rangka Kegiatan Kuliah Kerja Nyata-Adaptasi Kebiasaan Baru (KKN-AKB) UNIDA 2021, Saya Syarifah Puji Lestari dari kelompok 45, berkesempatan untuk membantu kegiatan vaksinasi di Sport Club Kota Wisata Cibubur, dibagian Registrasi.

Sebelum divaksin, peserta vaksinasi covid-19 harus melakukan registrasi dan verifikasi terlebih dahulu. Dalam proses verifikasi, peserta mengkonfirmasi domisili serta menanyakan riwayat penyakit  yang diderita oleh peserta. Dalam proses registrasi saya menggunakan aplikasi Pcare Vaksinasi untuk mengelola data peserta vaksinasi.

Program vaksinasi massal pada tanggal 26,28 Juli dan 2 Agustus bisa menjadi “game changer” atau perubah permainan agar indonesia bisa keluar dari situasi kelam pandemi covid-19.

Berikut ini cara registrasi dan verifikasi penerima vaksin covid-19 :

  1. Sasaran penerima vaksinasi menerima notifikasi pemberitahuan melalui SMS dengan ID pengirim : PEDULICOVID.
  2. Penerima vaksin melakukan registrasi ulang untuk memilih tempat dan jadwal layanan, dengan melakukan verifikasi melalui : SMS 1199, USSD Menu Browser (UMB) *119# lewat ponsel. Aplikasi pedulilindungi dengan mengakses laman http://pedulilindungi.id atau melalui Babinsa/Babinkamtibmas setempat.

Layanan SMS dan UMB tidak dikenakan biaya. sedangkan bagi sasaran penerima vaksin yang tidak memiliki ponsel akan diminta datanya untuk dilakukan verifikasi oleh Babinsa/Babinkamtibmas dengan melibatkan lurah, kepala dusun, ketua RT/RW, dan puskesmas setempat. Nanti masyarakat akan diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mengkonfirmasi domisili dan penapisan diri (self-screening) sederhana terhadap penyakit peserta.

3. Setelah verifikasi, penerima memilih lokasi pelaksanaan dan jadwal. Selanjutnya, sistem informasi satu data vaksinasi covid-19 akan mengirimkan tiket elektronik sebagai undangan sasaran penerima vaksin covid-19 yang telah diverifikasi.

4. Pengingat jadwal layanan akan dikirimkan oleh sistem via SMS atau aplikasi peduli lindungi kepada penerima vaksin. Data penerima vaksin covid-19 yang telah terverifikasi serta penjadwalan vaksinasi masing-masing dapat diakses oleh petugas  fasilitas pelayanan kesehatan melalui aplikasi Pcare Vaksinasi https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id/vaksin/login/.

Dokumentasi: Syarifah mahasiswa KKN AKB FKIP Universitas Djuanda

Untuk memastikan tingginya indeks pemakaian (IP) vaksin, maka puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya dapat menghubungi sasaran sebelum hari pelayanan untuk memastikan kembali kedatangannya.

Vaksin covid-19 dapat membawa banyak manfaat dengan melindungi kita dari infeksi virus corona. Namun, perlu kita ketahui bahwa vaksin ini tidak diberikan kepada orang yang sedang sakit berat atau sudah terinfeksi virus corona.

Pastikan untuk selalu mempertahankan daya tahan tubuh kita, baik menunggu giliran untuk vaksin maupun setelah vaksin. Hal ini karena dengan imunitas tubuh kita yang kuat, kita tidak akan mudah sakit sehingga kebugaran tubuh kita tetap terjaga.

Cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan beristirahat yang cukup. Selain cara-cara tersebut kita juga bisa mengkonsumsi produk herbal yang dapat meningkatkan imunitas tubuh kita. Disamping menjaga daya tahan tubuh, kita perlu tetap menerapkan protokol kesehatan, baik selama menunggu giliran untuk vaksin maupun setelah vaksin. Sebisa mungkin kita hindari bepergian keluar rumah atau berkumpul dengan orang banyak.

Vaksin covid-19 diharapkan bisa menjadi solusi untuk menyudahi pandemi yang telah memakan banyak korban jiwa, melumpuhkan aktivitas masyarakat dan partisipasi kita dalam program vaksinasi ini akan sangat membantu pemulihan kondisi negara kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *