Webinar Daring Mengupas Tuntas Penulisan Skripsi Yang Benar

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu kegiatan akademik yang bisa diikuti oleh mahasiswa yang sudah menyelesaikan semester VI pada tingkat perguruan tinggi. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa bersama dosen dengan pendekatan lintas keilmuan pada waktu dan daerah tertentu. KKN biasanya dilaksanakan antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa atau kelurahan yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa secara berkelompok-kelompok.

KKN mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Djuanda Bogor tahun 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. KKN AKB yang dilaksanakan di tengah pandemi corona berlangsung mulai 31 Juli sampai 31 Agustus 2020 ini menggunakan tagline AKB atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang merupakan program yang sedang digalakkan oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Meski KKN tahun ini tidak berkelompok dan ditempatkan daerah tertentu namun tahun ini dilaksanakan secara mandiri, berbasis daring sesuai daerah tempat tinggal masing-masing. KKN AKB tahun ini tidak menyurutkan semangat mahasiswa KKN AKB sama sekali. Banyak sekali program bermanfaat yang dilakukan mahasiswa untuk daerah tempat tinggalnya, seperti bimbingan belajar, penyuluhan pendidikan, meski tidak bisa dilakukan secara tatap muka, kegiatan dilaksanakan secara daring, contohnya webinar daring.

Webinar Daring mahasiswa KKN AKB mengusung tema yang sangat diminati oleh mahasiswa S1 terutama mahasiswa semester akhir, “Kupas Tuntas Penulisan Skripsi yang Benar” punya daya tarik tersendiri. Dari pendaftaran 270 peserta yang hadir mencapai 180 peserta yang hadir pada Sabtu, 22 Agustus 2020 di zoom meeting pukul 15.00 WIB. sore hari. Pemateri pada kesempatan tersebut ketua pelaksana KKN AKB FKIP sekaligus Wakil Dekan I FKIP Universitas Djuanda Bogor, yakni Bapak Teguh Prasetyo, M.Pd.

Antusiasme peserta dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan. Narasumber yang sudah ahli dalam bidang pendidikan khusus penulisan skripsi, tentu saja materi mengenai skripsi ini menjadi sangat bermanfaat, penting, dan begitu menarik untuk dibahas dan dipelajari. Dimulai dari karakteristik skripsi, alur skripsi, sistematika penulisan skripsi, sampai ke tips agar skripsi cepat selesai dikupas habis oleh narasumber.

Webinar penulisan skripsi yang dilaksanakan tim KKN AKB 2020 FKIP Universitas Djuanda dimulai pukul 15.00 dan selesai pada pukul 17.00. Acara ditutup setelah sesi foto bersama dan kata penutupan oleh moderator. Untuk pejuang skripsi, jangan menyerah!

Seperti pesan yang dikatakan Bapak Teguh Prasetyo, M.Pd selaku narasumber webinar, “Jangan malas bimbingan sampai dosennya bosan terus acc dan mengizinkan untuk sidang skripsi!” (Sania dkk.)

Baca juga kupas tuntas penulisan skripsi yang benar, klik

One thought on “Webinar Daring Mengupas Tuntas Penulisan Skripsi Yang Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *